Cara mengatasi insomnia dengan cepat

Cara Mengatasi Insomnia - Tidur adalah kebutuhan penting untuk tubuh kita. Kekurangan tidur maupun mendapatkan tidur yang tidak berkualitas akan membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Seseoarang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung yang merupakan penyakit pembunuh nomer 1 didunia.

Selain itu apabila kita tidak tidur dalam 3 hari, maka akan mengganggu kerja cara hormonal dan metabolisme dalam tubuh kita. Tapi ada kalanya memulai tidur menjadi hal yang susah bagi sebagian orang karena mengalami insomnia. Kali ini kami akan berbagi tips cara  mengatasi insomnia agar tidur Anda lebih berkualitas dan tubuh lebih sehat.

Cara mengatasi insomnia

Penyebab Insomnia
Ada beberapa faktor penyebab insomnia, antara lain seperti stress atau kekhawatiran berlebih, salah konsumsi obat, terlalu banyak tidur siang, sering kal mengkonsumsi makanan/minuman seperti kopi. lalu apakah cara mengatasi susah tidur ini susah?. Buktinya tidak, bahkan sangatlah gampang untuk mengatasi insomnia asalkan dilakukan dengan konsisten dan sungguh-sungguh.

Apakah anda salah satu orang yang sulit untuk tidur? Rugi banget, lho. Padahal tidur lelap sangat penting untuk menjaga kesehatan jasmani dan mental yang baik. Selain itu, jika mengalami kurang tidur bisa memberi beban pada pikiran, tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan dengan cara yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Cara mengatasi insomnia akibat kopi


1. Madu.
Ketika kadar glikogen dalam tubuh turun, hormon stres akan muncul. Hal inilah yang membuat tidur Anda terganggu sampai menyebabkan insomnia. Tapi tenang, Anda bisa mengatasinya dengan minum madu setiap malam. Madu memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh.

2. Susu.
Kandungan triptofan yang terdapat dalam susu bisa menenangkan dan membantu Anda untuk tidur lelap.  Rutin minum susu hangat setiap malam pada 10-15 menit sebelum tidur, dijamin buat Anda bisa tidur terlelap di malam hari.

3. Minyak ikan.
Jika setiap malam Anda bisa mengkonsumsi madu dan susu, untuk siang hari Anda bisa coba kapsul minyak ikan. Kandungannya yang terdapat asam lemak omega 3 dan DHA bisa membantu dalam pelepasan melatonin di otak.

4. Pisang.
Pisang kaya akan potasium, magnesium, triptofan, dan vitamin yang penting untuk mengontrol fungsi otak dan tubuh. Mengkonsumsi pisang akan menghasilkan kadar hormon maksimal seperti melatonin dan serotonin, sehingga otak akan lebih tenang dan mendukung Anda untuk tidur. Potonglah ujung pisang dan panaskan ke dalam air selama sekitar 10 menit. Jika sudah, saring air ke dalam cangkir, tambahkan bubuk kayu manis dan air kulit pisang siap diminum. Jika hal itu dirasa sulit, Anda juga bisa hanya konsumsi pisang matangnya sebelum tidur. Untuk cara ini, lakukan jika Anda sedang merasa susah tidur

5. Kiwi.
Mengkonsumsi dua buah kiwi segar satu jam sebelum tidur, Anda bisa rasakan hasilnya dalam beberapa minggu. Berkat buah hijau ini, pikiran Anda akan lebih tenang. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya bisa meringankan stres oksidatif pada otak yang selama ini membuat Anda susah tidur.

6. Minyak kelapa.
Minyak kelapa bisa mengontrol produksi hormon dan siklus tidur sebab kaya akan asam lemak yang memasok tubuh dengan energi maksimal. Campurkan satu sendok minyak kelapa dengan satu sendok madu dan sedikit garam. Lakukan cara ini setiap malam dan rasakan perubahannya.

7. Minyak lavender.
Jika yang lainnya harus dikonsumsi, cara ini cukup unik. Anda hanya perlu tempatkan minyak lavender di sekitar tempat tidur Anda. Aromanya yang menyenangkan bisa membuat pikiran tenang dan dapat menstabilkan mood. Dengan begitu, tidur malam Anda akan terasa panjang.

Cara mengatasi insomnia dengan cepat

8. Mengkonsumsi obat tidur.
Cara paling simpel dan mudah tentu dengan mengkonsumsi obat tidur,  tapi direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat herbal, karena obat-obatan kimia dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika digunakan dalam jangka panjang.

9. Pilih kasur yang nyaman.
Mengalami masalah sulit tidur salah satunya juga bisa disebabkan karena  kasur yang tidak nyaman. Pastikan kasur yang Anda pakai untuk tidur itu nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh. untuk mengeceknya silahkan Anda berbaring di kasur tersebut.

10. Jangan makan sebelum tidur.
Makan merupakan hal sepele, tapi saya sarankan Anda tidak makan 45 menit sebelum tidur. Terutama saat makanan yang Anda konsumsi masuk kedalam tubuh, perut akan lebih aktif dalam mencerna makanan tersebut. Sehingga munculah gejala insomnia atau susah tidur. Ada baiknya Anda hindari makan minimal 60 menit sebelum tidur malam. Sebagai gantinya, silahkan konsumsi 4 gelas air putih saja.

11. Hindari konsumsi kafein.
Kopi sangatlah tidak baik bagi tidur Anda, karena kopi mengandung kafein yang mampu membuat kita mengalami susah tidur. Oleh karena itu, cara mengatasi insomnia susah tidur saya sarankan Anda menghindari konsumsi kopi. Minimal hindari kopi sekitar 5 jam sebelum Anda tidur pada malam harinya.

Itulah 11 Cara Mengatasi Insomnia Dengan  Cepat.

0 Response to "Cara mengatasi insomnia dengan cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel