Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Tepat

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan. Haid merupakan suatu perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita setiap bulannya. Siklus haid terjadi selama 28-35 hari. Lama masa haid tergantung individu namun normalnya haid terjadi selama 3-7 hari. Saat mengalami masa haid wanita umumnya mengalami rasa nyeri pada bagian perut, hal ini terjadi karena adanya kontraksi pada dinding rahim.


Konstruksi tersebut akan menekan pembuluh darah yang ada pada rahim yang memutus suplai darah dan oksigen ke rahim. Karena tidak adanya suplai oksigen, hal ini yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menyebabkan rasa nyeri, selain itu saat menstruasi tubuh wanita akan mengeluarkan hormon prostaglandin yang dapat memicu kontraksi. Oleh karena itu banyak wanita yang mencari cara mengatasi nyeri haid agar tidak mengganggu aktivitas mereka.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Selamanya

Rasa nyeri saat haid merupakan suatu proses yang normal. Walaupun merupakan suatu proses yang normal, ada beberapa wanita yang mengalami rasa nyeri yang berlebihan saat haid. Berikut beberapa penyebab rasa nyeri saat haid:

Sindrom Pre Menstruasi
Sindrom pra menstruasi normalnya terjadi pada satu hingga dua minggu menjelang masa haid dan akan hilang setelah terjadinya haid atau menstruasi.

Penyakit Radang Panggul

Penyakit ini merupakan infeksi dari adanya bakteri yang ada pada rahim dan dapat menyebar ke organ reproduksi lainnya. Kondisi ini akan menyebabkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan radang pada organ reproduksi.

Endometriosis

Endometriosis merupakan timbulnya jaringan yang terjadi pada rahim yang tumbuh di luar rahim. Selain dapat menimbulkan nyeri haid yang berlebihan, endometriosis dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil, keluarnya banyak darah saat haid, rasa sakit saat berhubungan seks, dapat juga menyebabkan sembelit dan diare.

Fibroid

Fibroid merupakan tumor jinak yang berada disekitar rahim. Fibroid sendiri memiliki gejala seperti rasa kembung pada bagian bawah perut dan juga terjadi pembengkakan pada perut tergantung dari ukuran tumor.

Pada hal ini, Anda tidak perlu khawatir jika nyeri haid yang Anda alami masih dapat dikategorikan normal. Ada banyak cara mengatasi nyeri haid yang dapat membantu anda dalam mengatasi nyeri haid.

Cara mengatasi nyeri haid tanpa obat

Kompres Air Hangat

Anda bisa menggunakan air hangat untuk membantu meredakan nyeri saat haid, yaitu dengan menggunakan botol yang telah diisi air hangat kemudian diletakan pada bagian perut, selain botol Anda juga dapat mengkompres menggunakan handuk hangat atau bantal penghangat (heating pad).

Melakukan Relaksasi

Sering kali nyeri yang timbul saat haid dapat mengganggu mood Anda oleh karena itu ada baiknya Anda melakukan relaksasi untuk menjadikan tubuh dan pikiran Anda lebih rileks.

Minum Air Hangat

Air hangat dapat membantu Anda meringankan rasa nyeri saat haid dan juga dapat menghindari rasa kembung pada perut Anda.

Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri


Jika nyeri perut yang anda rasakan sangat mengganggu dan sudah tidak tertahankan. Anda dapat mengatasinya dengan meminum obat pereda nyeri seperti ibuprofen, aspirin, acetaminophen, ataupun naproxen. Namun, jika nyeri tidak juga reda setelah Anda mengkonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Setiap wanita memiliki jadwal haid yang berbeda, ada yang mengalami jadwal haid teratur yang tepat pada waktunya dan juga ada yang mengalami jadwal haid yang tidak teratur yaitu jadwal haid selalu berubah-ubah dengan mengalami rasa nyeri yang berbeda-beda. Diatas merupakan beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa anda coba. Namun jika rasa nyeri yang Anda rasakan tidak mereda bahkan semakin parah sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab nyeri yang Anda alami dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

0 Response to "Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel