Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat

Cara menjaga kehamilan muda pertama kali 1, 2, 3 sampai 7 bulan agar tidak keguguran. Pentingnya menjaga kesehatan pada masa kehamilan apalagi saat Anda sedang mengalami hamil muda, hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam proses pembentukan dan perkembangan organ janin di dalam kandungan Anda. Saat kondisi ibu hamil muda merupakan saat dimana ibu hamil banyak mengalami perubahan di dalam tubuh, termasuk adaptasi tubuh ibu hamil pada hormon kehamilan. Perubahan yang terjadi sebaiknya ditangani dengan tepat untuk menjaga Ibu dan bayi tetap sehat selama masa kehamilan.

Cara Menjaga Kehamilan Muda

Kehamilan pada trimester pertama atau pada usia kehamilan 1-3 bulan. Pada saat tersebut ibu hamil beresiko mengalami keguguran, hal ini dapat terjadi jika ibu hamil tidak menjaga pola hidup sehat. Ada banyak cara menjaga kehamilan muda saat trimester pertama. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kehamilan muda, diantaranya:

Cara menjaga kehamilan 1 bulan

Baca Juga :
Cara Melancarkan Haid
Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Tepat

Mengatasi Morning sickness

Morning sickness merupakan rasa mual yang sering terjadi pada pagi hari yang sering dirasakan saat ibu hamil saat trimester pertama. Untuk meredakan morning sickness, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi yang tidak terlalu banyak dan lebih sering. Perbanyak minum air mineral dan dapat diiringi dengan meminum minuman hangat seperti minuman jahe. Istirahat yang cukup dapat membantu meredakan rasa lemas yang dirasakan saat usia kandungan masih memasukin trimester pertama. Untuk menghindari sembelit pada ibu hamil sebaiknya hindari makanan pedas, makanan yang digoreng dan juga minuman bersoda. Sebaiknya ibu hamil memakan makanan yang kaya akan serat untuk mencegah sembelit

Jangan menahan buang air kecil, hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan berbahaya untuk ibu dan janin di dalam kandungan. Saat hamil muda biasanya ibu hamil akan mengalami rasa pusing untuk mengatasi hal ini, sebaiknya ibu hamil tidak berdiri terlalu lama, posisi tidur juga dapat mengatasi pusing yang dirasakan oleh ibu hamil, ibu hamil dapat miring ke kiri atau ke kanan untuk meredakan pusing yang dirasakan.

Memperhatikan Nutrisi Makanan

Pada tahap awal kehamilan janin di dalam rahim Anda sedang mengalami proses tumbuh, oleh karena itu Anda harus membuat proses pertumbuhan pada janin menjadi sempurna. Maka setiap makanan yang Anda konsumsi harus terpenuhi setiap nutrisinya yang dapat mendukung pertumbuhan janin Anda.Nutrisi makanan juga harus membantu menjaga kesehatan pada ibu hamil agar tidak terserang anemia. Nutrisi yang harus terpenuhi selama hamil muda, diantaranya
  • Makanan berserat tinggi yang dapat mencegah sembelit pada ibu.
  • Mengkonsumsi sayur dan buah untuk menutrisi mineral dan vitamin pada janin.
  • Konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi untuk menghindari anemia pada ibu hamil.
  • Konsumsi makanan berprotein tinggi untuk pertumbuhan janin.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi untuk pertumbuhan tulang dan jaringan pada janin.
  • Konsumsi makanan yang mengandung asam folat guna mencegah cacat spina bifida pada janin.
Menghindari Asap Rokok

Ibu hamil sebaiknya menghindari asap rokok. Rokok mengandung nikotin dan zat kimia lain yang sangat berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin. Jika ibu terpapar asap rokok kemungkinan besar dapat membuat janin tidak menerima suplai oksigen dengan baik. Resiko yang dapat terjadi jika ibu hamil mengkonsumsi rokok dapat beresiko terjadi kehamilan ektopik, bayi lahir prematur, dan plasenta letak rendah.

Cara menhaga kehamilan muda agar tidak keguguran

Memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan

Cara menjaga kehamilan yang paling utama yaitu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan secara rutin dan teratur. Pemeriksaan kehamilan pada trimester pertama sangat penting untuk mengetahui faktor risiko dan memeriksa jika adanya kelainan kromosom yang terdapat pada janin. Pemeriksaan pada trimester pertama normalnya dilakukan setiap enam minggu sekali.

Tips diatas sebagai cara menjaga kehamilan muda agar tidak keguguran mungkin dapat membantu anda. Memang pada masa kehamilan muda atau saat kehamilan trisemester pertama Anda harus mendapat perhatian khusus. Jika terjadi keluhan saat masa kehamilan tersebut, segera konsultasikan dengan dokter atau bidan agar anda mendapat penanganan yang tepat.

0 Response to "Cara Menjaga Kehamilan Muda Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel Pengganti Tengah artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel bawang

Jual Bawang Dayak Kering Rp. 135.000/Kg
Hub:
bawang dayak kering